Rabu, 10 Agustus 2011

Future OKK 2012

Jika dikatakan OKK ( Orientasi Kegiatan Kampus ) atau yang sering disebut kegiatan pengenalan kampus adalah hal yang sangat penting dalam kegiatan kampus, memang sangat penting karena sangat membantu mahasiswa baru untuk mendapatkan banyak informasi tentang kampus.

Oleh karena itu perlu dipersiapkan dengan matang akan adanya kegitan OKK tersebut, khusunya di STIKOM Surabaya. Untuk kelancaran dan kesuksesan acara OKK 2012 maka hal-hal dari OKK 2011 perlu diperhatikan dan dijadikan pembelajaran dan pengalaman. Maka hal-hal yang baik perlu ditingkatkan seperti :
  • Panca Budaya STIKOM
  • Cara Perpenampilan Mahasiswa STIKOM
  • Materi-materi OKK
  • Kegiatan-kegitan penunjang kerjasama antar mahasiswa
  • Keterlibatan seluruh anggota tim panitia untuk kesuksesan acara
Maka tidak menutup kemungkinan hal-hal tersebut bisa dijadikan acuan untuk kegiatan OKK 2012 mendatang. Dan makin banyak pendapat dan masukan dari semua orang yang akan menjadi panitia OKK 2012.

JUPE DATANG

Akhir-akhir ini kredibilitas mahasiswa sebagai manusai yang berpendidikan tinggi mulai luntur akan ternodai oleh tindakan beberapa mahasisiwa Indonesia yang melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak mencerminkan sifat asli dari mahasiswa itu sendiri.

Oleh karena itu di dalam pelatihan mahasiswa STIKOM yang bernama Traning of Trainer ( TOT ), menitikberatkan segala kegiatan yang nantinya dapat menimbulkan lagi sifat-sifat yang sebenarnya harus dimiliki oleh seorang mahasiswa.

Sifat-sifat itu antara lain :
  • JU        : Jujur
  • PE        : Peduli
  • DA       : Cerdas
  • TANG  : Tangguh
Untuk bisa meresap dan teringat selalu dalam ingatan mahasiswa maka sifat-sifat itu bisa disingkat sebagai JUPE DATANG di STIKOM Surabaya.

Hal-hal itu diasah dalam implementasi kegiatan-kegiatan TOT, baik melalui kegiatan-kegitan game, tingkah laku dalam kegiatan dan semangat-semangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan.

Serba -Serbi Tentang Jurusan S1 Sistem Informasi

Guna mengetahui lebih jauh dikit tentan SI Sekilas tentang  Sistem Informasi, yang ada di STIKOM Surabaya.
Kali ini saya akan sedikit mengupas apa sih yang sebenarnya ada di  jurusan S1 Sistem Informasi.
S1 Sistem Informasi sendiri dipimpin oleh Pak Erwin Sutomo, S.Kom. Prodi (Program Studi) Sistem Informasi mempunyai Visi  antara lain :
Visi
Tercapainya keunggulan SDM yang mampu mengembangkan dan mengimplementasikan SI dengan memanfaatkan TI dalam berbagai aspek kehidupan untuk menjamin kesejahteraan manusia.

Dari visi tersebut, dapat diharapkan pada akhir tahun kedua para mahasiswa sudah bisa menjadi seorang programmer, lalu pada tahun ketiga memiliki kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan menggunakan Sistem Informasi dan pada akhir tahun keempat diharapkan memiliki kemampuan mengorganisir suatu proyek sistem informasi di berbagai bidang organisasi bisnis (project manager IT).

Tujuan:
  • Menghasilkan Sarjana Komputer yang:
    1. Mampu berpikir analitis dan bertindak ilmiah dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi dunia bisnis dan industri dengan cara mengintegrasikan perancangan konsep, teknik dan perangkat sistem informasi dalam bentuk aplikasi.
    2. Mampu berempati dan bersimpati untuk bekerjasama, berkomunikasi, berinisiatif, dan berjiwa leadership & entrepreneurship.
    3. Menerapkan nilai-nilai kehidupan, kemandirian, berprestasi, keterbukaan dan ketangguhan dalam berorganisasi.
    4. Berstandar Internasional.
  • Menerapkan sistem jaminan mutu dalam proses pembelajaran.
  • Mengajarkan kurikulum yang sesuai dengan kompetensi.
  • Menghasilkan penelitian dan melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang sistem informasi sebagai pengembangan keilmuan dan teknologi informasi yang mendatangkan manfaat dan kesejahteraan masyarakat luas.
Lulusan dari jurusan S1 Sistem Informsi ini adalah mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer dan mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu tertentu berikut dokumentasinya.

Mata Kuliah Pokok yang ada didalam Prodi ini adalah Pemprograman Berorientasi Objek, visual, web, database (Java, .NET, UML, Oracle) Pengembangan Aplikasi Berbasis Web, Datawarehouse dan OLAP, Jaringan Komputer, Mobile Application, Entrepreneur.

Dan Kesempatan Kerja yang bisa dimiliki oleh para mahasiswa setelah lulus dari Prodi ini adalah Systen Aplication Analyst, Database Administrator, System Development Manager, Hardware and Software Integrator, Software Development Manager, MIS Manager, Web Programmer, Web Master, Network Administrator.

Unit Pelaksana Teknis STIKOM Surabaya

UPT atau Unit Pelaksana Teknik adalah Organisasi - Organisasi atau departemen - departemen struktural yang terdapat di STIKOM Surabaya yang mempunyai struktur organisasi yang teresusun sesuai dengan tugas masing-masing. Dimana organisasi - organisasi ini mempunyai tugas untuk membantu segala pelakasaan kegiatan - kegiatan yang ada di STIKOM Surabaya.
Supaya para mahasiswa baru bisa sedikit mengetahui tentang UPT di STIKOM, maka berikut Struktur organisasinya :

Struktur Organisasi :
  1. Ketua : Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.
  2. Pembantu Ketua I (Bidang Akademik) : Pantjawati Sudarmaningtyas, S.Kom, OCA.
  3. Pembantu Ketua II (Bidang Sumber Daya) : Lilis Binawati, S.E., M.Ak.
  4. Pembantu Ketua III (Bidang Kemahasiswaan & Alumni) : Drs. Bambang Hariadi, M.Pd.
  5. Sekretaris : Pipit Dian Purwanti, A.Md.
Info UPT ini akan saya urutkan berdasarkan dari lantai 1 hingga lantai 9  STIKOM Surabaya.
  • Lantai 1
Di Gedung Biru terdapat 2 Departemen antara lain  ada SCC ( Stikom Career Center ) yang diketuai oleh Sri Suhandiah, S.S., M.M. Tujuan dari SCC adalah untuk membantu para alumni yang sedang mencari pekerjaan untuk dapat mendapatkan pekerjaan.Bagian Kemahasiswaan yang diketuai oleh Nurhesti Esa Dwirini, AP. Tujuan dari…..
Gedung Merah ada Perpustakaan yang diketuai oleh Bpk Rudi Santoso, S.Sos yang memiliki tujuan yang sudah sangat jelas yaitu untuk menjadi tempat belajar bagi mahasiswa.
  • Lantai 2
Gedung Biru terdapat beberapa bagian, yang pertama AU ( Administrasi Umum ) yang dikepalai oleh Bpk Hendro Poerbo P., S.T., M.MT., OCA . AU memiliki tujuan memberikan pelayanan terbaik untuk para mahasiswa dan merawat, memelihara dan menjaga keamanan STIKOM. Jadi jika para KY atau Maba ingin meminjam kelas atau seluruh peralatan STIKOM harus melewati bagian ini. Bagian yang kedua di Gedung biru adalah Bagian Penmaru yang dikepalai oleh Bpk Januar Wibowo,S.T., M.M. Bagian ini adalah bagian yang mengurusi semua tentang penerimaan mahasiswa baru di STIKOM. Lalu Bagian yang ketiga adalah Bagian Keuangan yang dikepalai oleh…., bagian ini mengurusi segala jenis bentuk pelayanan yang bersangkutan dengan “UANG” :D , jadi para KY akan sering-sering berkunjung ke tempat ini karena setiap anda membayar SP maupun SPP anda semua harus berurusan dengan bagian Keuangan. Dilantai ini juga terdapat Ruangan Para Petinggi STIKOM yang terletak dibagian belakang.
Gedung Merah juga terdapat beberapa bagian, bagian yang pertama adalah bagian BAAK yang dikepalai oleh Ibu Vivine Nurcahyawati, S.Kom, OCA. Bagian ini mengurusi segala keperluan tentang perijinan mahasiswa,dan segala sesuatu yang berhubungan dengan akademik mahasiswa seperti Perwalian, Pengurusan Cuti dll. Bagian ketiga adalah Bagian Humas yang dikepalai oleh Bpk Arifin Puji Widodo, S.E., MSA. Bagian ini memiliki misi untuk membangun citra atau karakter kepada pihak luar dan pihak internal STIKOM itu sendiri. Bagian berikutnya adalah bagian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) yang dikepalai oleh Ibu Oktaviani, S.E. Di lantai ini juga terdapat ruangan admin prodi yang dikepalai oleh Ibu Weni, yang membawahi para kaprodi.
  • Lantai 4
Gedung biru pada lantai 4 ada bagian SSI(Solusi Sistem Informasi), yang dikepalai oleh Ibu Tan Amelia, S.Kom., M.MT yang bertujuan untuk….
  • Lantai 6
Di Lantai enam Gedung Biru terdapat beberapa bagian, bagian yang pertama adalah bagian LK (Lab Komputer) yang diketuai oleh Bpk Anjik Sukmaaji, S.Kom., M.Eng. Labkom merupakan tempat terjadi nya semua kegiatan praktek yang dilakukan oleh para mahasiswa.
  • Lantai 7
Di Lantai 7 juga ada Labkom tetapi Labkom Di lantai ini khusus untuk para mahasiswa MM/DKV, dan terdapat juga ruang Kaprodi MM/DKV.
  • Lantai 8
Dilantai 8 juga terdapat Labkom tetapi khusus untuk mahasiswa SK (Sistem Komputer) juga dilantai ini terdapat ruang Kaprodi SK. Dan juga Di lantai 8  terdapat  bagian Kendali Mutu yang dibawahi oleh Ibu Ayuningtiyas, S.Kom., M.MT.,MOS yang bertujuan untuk mengendalikan kualitas semua aspek yang ada di STIKOM.

Rabu, 02 Maret 2011

Resume SBD - Perencanaan SI dengan diagram ER

Perencanaan Sistem Informasi Database dengan Diagram ER
pada Toko Persewaan Komik
disusun oleh, 
Dimas Dewa K                   (10.41010.0084)
R.Billy Dewantara P.W      (10.41010.0085)
Angga Prasongko S            (10.41010.0087)
Sapta Indra P                      (10.41010.0096)


       Toko Persewaan Komik merupakan suatu perusahaan jasa yang memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara menyewakan komik untuk para pelanggannya. Dengan demikian diperlukan suatu Sistem Informasi yang dapat memperlancar dan mengembangkan usahanya. Pengembangan Database diperlukan dalam pengembangan Sistem Informasinya.
        Pengembangan Database itu bisa dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Enterprise Data Modeling
         Didalam Enterprise Data Modeling Toko Persewaan Komik ini berisi tentang ruang lingkup dan isi umum database yang akan dikembangkan.
Berikut bentuk enterprise data modelingnya :
       2.  Dekomposisi Fungsional
            Dekomposisi Fungsional adalah suatu proses memecahkan fungsi-fungsi yang terlibat   menjadi lebih kecil lagi. Hal ini mempunyai manfaat antara lain :
  • Memfokuskan perhatian
  • Menyederhanakan permasalahan
  • Mengidentifikasikan komponen-komponen yang terlibat
Berikut bentuk Proses Dekomposisi Fungsional  dan Diagram ER(Enterprise Relationship  pada Sistem Database Persewaan Komik

                      a. Dekomposisi Fungsional
                      b. Diagram ER


        3. Matrik Perencanaan
            Matrik ini digunakan untuk untuk menunjukan antar objek perncanaan.
Berikut matrik pada Sistem Database Persewaan Komik :



Minggu, 20 Februari 2011

Resume Sistem Basis Data 1

RESUME SBD Pertemuan 1
oleh,
Angga Prasongko S
(10.41010.0087)

1) Perusahaan
    Nama : Apartemen Puri Darmo ( Puri Darmo Seviced Residence )
    Alamat : Jl. Raya Kupang Baru 17A Surabaya
    Webside : www.puridarmosurabaya.com
2) Profil perusahaan
  Apartemen Puri Darmo adalah sebuah apartemen yang terletak di Surabaya Barat. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan bisnis area di Surabaya. 
Apartemen Puri Darmo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Jasa dengan menyewakan unit apartemen baik harian, bulanan, dan tahunan.
3)Proses Bisnis
Apartemen Puri Darmo merupakan Apartemen yang berbasis Serviced yaitu seperti hotel dimana pemberihan kamar dan fasilitas-fasilitas dilakukan oleh pihak perusahaan. Bukan seperti Kondominum dimana pembersihan kamar dan fasilitas-fasilitas yang ada dilakukan oleh pihak penyewa.
Dengan demikian mekanisme pembayaran dan penggunaan fasilitas-fasilitas nya hampir sama dengan hotel. Dengan sistem pembayaran atau penyewaan harian, bulanan ataupun tahunan.
Apartemen Puri Darmo mempunyai unit sebanyak 92 unit. Dengan berbagai tipe kamar.
Tipe-tipe kamar yang tersedia antara lain:
  • 1 Bedroom Superior / Deluxe
  • 2 Bedroom Seperior
  • 2 Bedroom Deluxe
  • 3 Bedroom Deluxe
  • 3 Bedroom Penthouse
Tipe-tipe kamar tersebut didasarkan pada jumlah ruang tempat tidur yang dimili serta luas unit nya.
Setiap tipe sama-sama mempunyai berbagai fasilitas kamar antara lain: ruang tamu, dapur beserta peralatannya, mesin cuci, kamar pembantu, gudang, lemari es dan safety box disetiap kamar utama.
Pembersihan unit dilakukan setiap hari. Serta perbaikan - perbaikan peralatan dan Security Serviced 24 jam.
Fasilitas - fasilitas diluar kamar yang disediakan antara lain :
  • Fitnes Center dan Gymnatium
  • Kolam Renang
  • Sport Center ( Lapangan multifungsi, lapangan Tenis, Squash)
  • Restaurant
  • Playground
  • Small Garden and Fishpond
Untuk pemesanan unit bisa dengan cara langsung datang, via telephone, via email, maupun melaui webside nya.
Pengolahan management sudah menggunkan jaringan komputer, sehingga departemen yang satu dengan yang lain sudah terkoneksikan dengan baik.
Sebagai contoh didalam pembelian makanan di restaurant, bill-bill restaurant bisa langsung dimasukan didalam tagihan tamu secara cepat. Karena staff Restaurant sudah memasukkannya melalui komputer mereka tanpa harus menyerakannya ke departement pembayaran.
Selain itu juga didalam reservasi juga sudah menggunakan komputer dengan sistem basis data.
Sehingga terjadinya overbooking atau kesamaan unit dengan beberapa nama penyewa bisa dihindari.
Di dalam sistem reservasi unit status kamar bisa dilihat, antara lain:
  • Status unit kosong atau sudah terisi
  • Status unit masih kotor(vacant dirty) atau siap disewakan (vacant clean)
  • Nama penyewa
  • Lama sewa
  • Status penyewa (perorangan, group, perusahaan, VIP, compliment)
  • Status sewa ( tentative, sudah pasti, sudah memberikan uang muka atau belum)
Apabila penyewa sudah masuk maka didapat beberapa informasi di dalam status kamar itu, antara lain:
  • Nama dan identitas Penyewa
  • Lama sewa
  • Jumlah dan daftar tagihan
  • Sistem pembayaran
  • Request-request khusus
Apabila tamu sudah Check Out maka masih bisa dilihat dan dicari histori nya, antara lain :
  • Identitas Penyewa
  • Lama Sewa dan Nomor kamar mana saja yang pernah disewa
  • Daftar tagihan
  • Sistem pembayaran
4) Dalam Ranah Aplikasi Database, maka Apartemen Puri Darmo menurut saya menggunakan jaringan client-server database. Hal ini terlihat dengan adanya Server komputer yang menyimpan segala informasi yang dilakukan oleh penyewa serta status-status kamar yang tersedia. Dengan menggunakan jaringan LAN maka setiap departemen bisa saling mengakses data yang diperlukan pada departemen yang bersangkutan, sehingga bisa dibatasi ruang gerak atau autorisasi client yang mengakses data dari server tersebut.

5) Menurut saya sistem yang digunakan sudah cukup baik. Namun menurut saya Sistem itu perlu dikembangkan menjadi lebih komputerisasi dengan mengmbangkan aplikasi database tersebut kedalam web nya.Sehingga penyewa tau apakah masih ada unit yang tersedia pada hari dan tanggal yang diinginkan dengan melihat langsung kedalam web nya tanpa harus menelphone operatornya.

6) Refrensi yang digunakan antara lain :
  •  http://www.puridarmosurabaya.com
  • http://www.rendrasetiawan.com/sub_artikel_detil.php?id=420
  • BASIS-DATA-DAN-PEMAKAIANNYA.ppt