Minggu, 12 Desember 2010

PTI - Usulan2 tentang Optimalisasi Perkembangan TI di Indonesia

Beberapa usulan kepada Pemerintah dalam optimalisasi perkembangan TI di Indonesia :   
1)Di bidang Pariwisata
 Kekeyaan Indonesia pada alam raya nya melimpah ruah. Mulai dari udara (cuaca dan musim) sampai dengan dunia bawah laut nya, membuat potensi alam ini sangat berharga dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang perekonomian negara nantinya. oleh karena itu
perlu dikembangkan mengenai informasi-informasi yang berhubungan dg hal itu. Dengan pemanfaatan web dan info-info melalui internet mengenai dunia pariwisata Indonesia diharapkan orang-orang baik dalam maupun luar negeri dapat dengan cepaat dan mudah mengentahuinya, dengan disagikan berbagai fitur-fitur atau gambar-gambar nya.
2)Di bidang pendidikan
Pengenalan dan pengembangan Teknologi Informasi bisa dimulai dari dunia pendidikan. Dimana sekarang para generasi muda sudah mulai kreatif. Sehingga pendidikan ttg TI mulai dari dini bisa dimanfaatkan untuk merangsang daya kreatifitas para generasi muda. Contohnya dg penggunaan Augmented Reality dalam pemaparan buku shg anak2 smakin tertarik dan mudah mengerti isi buku tersebut. Selain itu juga membuat perubahan sifat manusia Indonesia yang dikenal kurang suka membaca.

3) Di bidang Sosial
Indonesia merupakan Indonesia yang banyak penduduknya. Sehingga sangat mudah sekali disisipi masyarakat illegal. Pemberian ID pun baru diperoleh setelah umur 17 tahun, shg sblum itu mereka belum dianggap sebagai warga negara Indonesia. Oleh karena penerapan TI untuk pembuatan ID sangat diperlukan salah satunya dengan pemberian nomor ID kepada penduduk Indonesia mulai dari lahir. Dimana no ID ini ttp selama dia hidup. Sehingga dia bisa diketahui sejarah maupun  perjalanan hidup nya.

4) Di bidang pertanian
Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai Petani. Namun karena perkembangan zaman berpindah menuju masyarakat Industri.
Pemberian fasilitas IT di pedesaan pun sangat diperlukan. Karena dengan adanya fasilitas itu masyarakat pedesaan bisa mengetahui dunia luar beserta perkembangannya.
Salah satunya dengan pemberian fasilitas internet beserta peralatannya. Sehingga para petani tidak terbujuk oleh para tengkulak yang membeli hasil pertaniaanya dg harga murah tapi dipasaran harga nya tinggi. Dan juga bisa langsung berhubungan dg distributor2 di kota atau daerah lain shg mereka memperoleh koneksi dan harga yang bagus bagi hasil pertaniannya, yang nantinya akan meningkatkan taraf hidup mereka.

5) Di Perkotaan
Karena diperkotaan sudah mulai mulai tau akan TI maka penambahan yang bisa saya usulkan adalah sistem lalu lintas yang komputerize. Shg memungkinkan untuk mengurangi kemacetan. Dan juga menempatan CCTV di jalan2 yang nantinya bisa digunakan pemantauan lalu lintas serta dapat mengurangi kejahatan
Selain itu pemberian hotspot2 WIFI gratis di tempat2 umum dan juga di RT - RT shg masyarakat dapat dengan mudah mengakses segala informasi yang diperlukan.

Semoga dengan kemudahan2 dalam mengaksesan TI dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Namun hal pengawasan pun dilakukan supaya tidak terjadi penyalahgunaan oleh pihak2 yg tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar